Panduan Penilian Satuan Pendidikan SD dan SMP

Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Dalam melaksanakan penilaian, pendidik dan satuan pendidikan harus mengacu pada Standar Penilaian Pendidikan.
Mengelola pembelajaran dan penilaian dengan bermutu adalah tugas pendidik dan satuan pendidikan. Dengan melakukan pembelajaran dan penilaian, pendidik akan mampu menjalankan fungsi sumatif penilaian yakni mengukur dan menilai tingkat pencapaian kompetensi peserta didik serta mendeskripsikan capaian hasil pembelajaran peserta didik, dan fungsi formatif yakni mendiagnostik kesulitan belajar peserta didik dalam pembelajaran, memberi petunjuk bagi pendidik dan peserta didik dalam meningkatkan mutu pembelajaran, mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam proses pembelajaran, sehingga dapat dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan, dan perbaikan proses pembelajaran yang telah dilakukan.
Penilaian sebagai fungsi sumatif saat ini dikenal dengan istilah penilaian atas pembelajaran (assessment of learning) sedangkan penilaian sebagai fungsi formatif saat ini lebih dikenal sebagai penilaian sebagai pembelajaran ( assessment as learning) dan penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning).
Related Posts
-
Undangan Webinar “Penilaian Penugasan Kegiatan Belajar dari Rumah Tingkat SD”
No Comments | Aug 9, 2020 -
Pedoman Kurikulum Dalam Kondisi Khusus
No Comments | Aug 8, 2020 -
Tanoto Foundation dan Sampoerna Pakai Dana Mandiri dalam Program Organisasi Penggerak
No Comments | Aug 12, 2020 -
Penyederhanaan RPP dalam kegiatan belajar dari rumah (BDR) untuk SD
No Comments | Aug 16, 2020